8 Agu 2009

Study Banding di desa Pucung Harjo Muntilan, 02 Agustus 2009
















Kegiatan study banding yang dilaksanakan PBKM Kecamatan Jati Kudus ke BKM Ngudi Rahayu Desa Pucung Harjo Muntilan sangatlah membantu para pengurus BKM sekecamatan Jati dan dapat menambah pengalaman dalam hal pengelolaan BKM.
Dalam acara tersebut rombongan beserta perwakilan dari BAPPEDA dan BAPERMAS kabupaten Kudus disambut baik oleh Bapak Kepala Desa Pucung Harjo, dalam sambutannya bapak Kepala desa menjelaskan secara rinci tentang kemajuan BKM Ngudi Rahayu.
Kemajuan BKM tidak lepas dari Tri Pilar yaitu BKM, Pemerintah desa dan BPD, sehingga semua program dari BKM dapat sinkron dengan program desa. BKM Ngudi Rahayu memang sudah berhasil karena sering melaksanakan chaneling ke instansi terkait di kabupaten Magelang sehingga dalam program penanggulangan kemiskinan dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. Ketua PBKM kecamatan Jati yang di ketuai oleh bapak Romli berpesan agar setelah pulang dari study banding para BKM dapatlah meniru apa yang dilakukan oleh BKM Ngudi Rahayu, hal ini memang sulit dilakukan apabila BKM tidak mendapat suport dari KORKOT/KORKAB setempat. Para relawan BKM mengharapkan semua instansi terkait dikabupaten Kudus dapatlah membantu BKM dalam hal program chaneling, sehingga BKM dapat maju dan sukses dalam penanggulangan kemiskinan.
BKM Ngudi Rahayu tahun 2009 dikabarkan mendapatkan dana ND sebesar 1Miliar.
Rata-rata BKM dikecamatan Jati permasalahannya hampir sama yaitu nilai RR yang sangat rendah sekali karena banyak KSM Ekonomi yang macet, untuk menanggulangi KSM Ekonomi yang macet sangatlah sulit karena tidak ada landasan hukum yang kuat sehingga para KSM Ekonomi tidak mau membayar angsuran, mohon dengan hormat kepada instansi yang terkait dapatlah membantu menyelesaikan masalah ini sehingga KSM Ekonomi yang macet dapat ditekan seminimal mungkin jangan hanya diserahkan semua oleh pengurus/relawan BKM.

0 komentar: